Cara Mudah Membuat Website Dengan Laravel

Hal yang Dibutuhkan Untuk Menjalankan Laravel / Requirement to Run Laravel

Sebelum melanjutkan langkah-langkah dibawah, pastikan komputer telah terinstall PHP minimum versi 8, Composer. Aplikasi text editor menggunakan VS Code. Sistem operasi yang saya gunakan adalah macOS Monterey. Jadi pada kali ini akan mencoba untuk membuat / setup laravel di mac.

Jika belum memiliki PHP versi 8 dan Composer di mac, maka harap gunakan "Homebrew" untuk instalasinya. Jika homebrew sudah terinstall maka jalankan perintah dibawah untuk menginstall php 8:

brew install php@8.1

Jika PHP sudah terinstall, lakukan instalasi 'composer' dengan perintah 'brew' juga. Ketik perintah:

brew install composer

Dan hal terakhir sebelum memulai langkah dibawah, sebaiknya sudah paham atau setidaknya tahu mengenai PHP dan tentunya HTML/CSS.

Cara Membuat Project Laravel/ How to Make Laravel Project

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat web berbasis laravel, yaitu dengan mengetikan perintah dibawah di terminal di VS Code. 

Membuka terminal di VS Code

Ketik perintah dan Enter:

composer create-project laravel/laravel nama-aplikasinya

Pada contoh gambar diatas saya membuat aplikasi laravelnya bernama 'backend'. Setelah selesai membuat projectnya harap buka folder, dan pindah ke folder tersebut. Bisa dilakukan dengan mengetik :

cd nama-aplikasinya

Cara Menjalankan Aplikasi Web berbasis Laravel di Lokal / How To Run Laravel Local Project

Setelah membuka foldernya, sekarang akan menjalankan aplikasinya untuk melihat apa yang telah terbentuk dari perintah pertama untuk membuat project laravelnya. Perintah untuk melihat aplikasinya di browser yaitu dengan mengetikan:

php artisan serve

Secara bawaan, aplikasi laravel yang baru dibuat akan jalan di port 8000. Selain itu juga, di terminal akan diberi link untuk membuka aplikasi laravel yang baru dibuat. Untuk membuka aplikasi tersebut ketik 'command + klik' atau 'ctrl+klik' pada windows.

Alamat Bawaan Laravel

Cara Mengubah Tampilan Laravel / How to Change Laravel Default Page

Saat mengklik link yang diberikan di terminal, sebenarnya laravel akan memanggil file 'web.php' lalu file tersebut mempunyai fungsi yang menampilkan halaman diatas. Lalu bagaimana cara mengganti halaman bawaan Laravel? Pertama-tama, harus mengetahui struktur aplikasi Laravel. Laravel menyimpan semua file html/css nya di dalam folder bernama 'resources'. Dan untuk htmlnya sendiri ada di folder 'views' yang terletak di dalam folder 'resources'. Disinilah programmer membuat tampilan atau halaman web yang disajikan kepada pengguna.

Tampilan Bawaan Laravel

Pada file inilah dapat diubah tampilannya, dan walaupun ekstensinya blade.php, untuk mengubahnya dapat menggunakan bahasa html saja, seperti file .html pada umumnya. 

[!] Hal yang perlu diingat saat membuat file html-nya laravel harus menggunakan ekstensi '.blade.php'. Karena ekstensi itu yang bisa dan biasa dilihat oleh Laravel sebagai tampilan.

Apa itu Laravel Blade? / What is Laravel Blade

Laravel blade bisa dikatakan frontendnya laravel, yang bertugas menyajikan tampilan atau halaman dari sebuah website. File blade berisi html, css dan javascript seperti ekstensi .html pada umumnya. Lantas mengapa tidak menggunakan ekstensi .html saja? Karena blade lebih hebat dari html, dimana programmer dapat langsung menerapkan bahasa PHP di dalamnya untuk keperluan aplikasi jika dibutuhkan.

Cara Membuat Halaman Lain di Laravel / How to Make Pages in Laravel

Pada Laravel jika ingin membuat halaman baru, kita wajib membuatnya di dalam folder views, di tempat yang sama dengan 'welcome.blade.php'. Untuk cara pembuatannya tidak ada perintah khusus, kita dapat langsung tambah file baru. Hanya saja harus mengingat poin penting yang telah disebutkan diatas yaitu wajib berekstensi .blade.php . Di file ini, kita dapat menuliskan HTML, CSS dan JS seperti yang sudah disebutkan diatas. 

Membuat halaman baru/ view di Laravel

Cara Akses Halaman Lain dan Membuat URL baru di Laravel

Setelah dapat membuat halaman baru, tentu harus membuat link untuk mengakses halaman tersebut. Di Laravel terdapat file 'web.php'. Dimana file itu adalah kumpulan alamat/ link dari halaman atau alamat request atas suatu fungsi. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mendaftarkan URL baru untuk menampilkan halaman yang telah dibuat.

Mendaftarkan URL di Laravel

Jika telah mendaftarkannya, route atau URL yang telah dibuat dapat dikases di live server di browser. Berhubung saya membuatnya '/home' maka dapat diakses dengan http://localhost:8000/home.

Akses URL yang telah dibuat di Route Laravel

Dan seperti yang disebutkan di gambar, harap mengikuti cara terbaik / best practice pada saat membuat route. Dan jika keperluan hanya untuk menampilkan halaman harap gunakan metode 'GET' pada route yang dibuat.

Cara Setting Database pada Laravel

Pada aplikasi web tentulah terdapat fitur dimana pengguna dapat menyiman dan mengolah data mereka. Hal itu mungkin dilakukan jika kita memiliki Database untuk menyimpan data tersebut. Untuk menyetel Database di Laravel, langkah pertama tidak lain dan tidak bukan yaitu kita harus membuat databasenya terlebih dahulu. Pada kali ini saya akan menggunakan MySQL dan SQL Ace pada mac saya. Tetapi sebelumnya pastikan bahwa anda telah menginstall mysql dan juga telah menjalankan server lokalnya di komputer Anda. Jika pengguna windows, harap pastikan server lokal juga berjalan contohnya XAMPP.

Cara membuat DB pada SQL Ace

Setelah membuat database, wajib di daftarkan atau diberitahukan ke proyek Laravel yang sudah dibuat. File yang mengurusi tentang hal ini bernama '.env'. Dalam Laravel terdapat '.env' dan '.env.example', example merupakan template atau hasil copy dari .env itu sendiri. Mengapa diperlukan? karena pada saat developer menggunakan git, file '.env' masuk dalam gitignore secara bawaan. Hal ini dikarenakan mungkin tiap developer memiliki nama db yang berbeda atau environment yang berbeda, sehingga file ini dianggap tidak relevan untuk semua developer yang terlibat dalam pembuatan proyek Laravel. 

Langkah untuk mengedit file '.env' untuk menyetel database tadi terdapat di baris yang berawalan 'DB'. berhubung saya memberikan nama database saya backend-db, saya akan mengisi backend-db pada file env saya, tepatnya 'DB_DATABASE=backend-db'.  Intinya DB_DATABASE=nama databasenya , dan jangan menggunakan spasi.

Menyetel ENV Database Laravel








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Pemula Bermain Cities Skylines Dengan Mudah / Cities Skylines Beginner Tips and Trick

Implementasi Hierarki Jalan Pada Cities Skylines/ Road Hierarchy Implementations in Cities Skylines

Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Layout Awal di Cities Skylines/ First Thing You Need To Know Before Make The First Layout in Cities Skylines