Tips dan Trik Pemula Bermain Cities Skylines Dengan Mudah / Cities Skylines Beginner Tips and Trick

Not Indonesian?  Translate options available on the sidebar. 

Cara Bermain Cities Skylines : Membuat Kota Baru. 

Paradox mengeluarkan game yang berjudul Cities Skylines merupakan permainan untuk komputer dan konsol yang berupa simulasi membuat kota (Tata Kota) dan pemain ditantang untuk merancang sebuah kota dan menyelesaikan masalah perkotaan seperti sistem transportasi umum, utilitas kota, lalu lintas, fasilitas kota, tata letak kota dan lain-lain. Dan jika anda memiliki DLC-nya, hal itu akan membuka posibilitas lain dalam tata kota bahkan mengatur industri yang terdapat di kota anda.

[Unable to Load] Kover Game Cities Skylines / Cities Skylines Game Cover
https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=1837577741
Kover Game Cities Skylines / Cities Skylines Game Cover

Memilih Lahan/Map Terbaik di Cities Skylines:

Apa lahan/ map terbaik pada Cities Skylines? Sebenarnya tidak ada lahan/ map terbaik bawaan pada game ini. Akan tetapi, anda dapat menemukan peta yang terbaik sesuai kebutuhan dan desain kota anda nanti dengan mempertimbangkan pilihan pada menu dibawah. Lalu, bagaimana cara menemukan lahan terbaik di Cities Skylines ini? Semua dimulai dengan tampilan 'New Game' menu yang bertujuan untuk anda memilih lahan untuk kota anda, seperti berikut:

Menu Pemilihan Lahan Cities Skylines/ Cities Skylines Choosing Map Menu 

Penjelasan Menu/ Menu Explanation:

1. Pastikan Memilih Tab 'Choose Map'. 

Tab atau menu ini membarikan pilihan peta/ lahan yang dapat dimainkan/ dibangun kota. Sedangkan tab satunya adlaah opsi dimana pemain dapat memulai kota yang sudah dibangun atau belum dibangun tetapi denagan tantangan tertentu.

2. Pilihan Lahan yang Dapat Dibangun Kota.

Mungkin setiap pemain memiliki pilihan lahan yang berbeda hal ini diakibatkan oleh ketersediaan DLC yang pemain tersebut miliki. Di sebelah kiri nama lahan terdapat sebuah ikon atau logo. Logo tersebut merupakan Logo DLC, yang menunjukan bahwa lahan tersebut merupakan file dari DLC terkait. Jika tidak ada ikon atau logo, maka peta atau lahan tersebut merupakan peta/ lahan bawaan dari game.

3. Edit Nama Kota.

Klik pada bagian untuk merubah nama kota yang akan dibangun. Nama kota ini bukan lah nama save-an game. Nama save-an game dapat berbeda dengan nama save-an nantinya, walaupun secara bawaan/default nama kota inilah yang akan menjadi nama save-an kota anda nanti. Nama kota ini juga dapat diubah nanti juga di dalam game

4. Preferensi Jalur / Setir Kanan atau Kiri di Cities Skylines.

Pada bagian ini kita dapat memilih apakah di kota nantinya menggunakan setir kanan atau kiri. Tetapi jangan langsung menartikan bahwa 'left-hand traffic' merupakan setir kiri. Left hand traffic artinya setir kanan dengan melaju di lajur kiri. Negara Indonesia merupakan 'left-hand-traffic'. Sehingga apabila kita menginginkan kota nantinya seperti di Indonesia untuk lajur pengemudinya maka kita wajib mengaktifkan opsi ini.

5. Perhatikan Sumber Daya Alam dengan Bijak

Pada gambar terlihat beberapa grafik bar yang menunjukan ketersediaan SDA. Ikon/Logo yang pertama merupakan minyak bumi, yang kedua batu bara. Jadi opsi kedua pertama merupakan pertambangan. Logo ketiga, merupakan area subur untuk pertanian, sedangkan yang keempat merupakan hutan yang tersedia pada lahan/peta tersebut. Dan yang terakhir merupakan ketersediaan air berupa sungai, danau atau laut.

Mengapa hal ini sangat penting dan perlu dipertimbangkan secara bijak? Karena sumber daya alam inilah merupakan salah satu pemasukan untuk kota nantinya. Pada game ini, ketika sudah membuka/ mencapai sebuah pencapaian tertentu, maka pemain dapat membangun sebuah industri khusus atau spesialisasi.

Spesialisasi yang terdapat pada game bawaan merupakan industri generik yang ditempatkan pada distrik tertentu. Tentunya distrik tersebut telah di tentukan terlebih dahulu untuk spesialisasninya. Industri generik merupakan zona industri (Berwarna oranye) yang ditempatkan seperti meletakan zona perumahan atau bisnis. Spesialisasi yang tersedia terdapat pertambangan minyak/batubara, pertanian, dan kehutanan. 

Jika terdapat DLC Industry, maka, opsi untuk mengembangkan spesialisasi industri jauh lebih komperhensif. Karena dapat membuat Industri milik kota, bukan perorangan atau swasta seperti industri generik. Bahkan pemain diwajibkan mengurusi 'supply chain', atau alur industry dari bahan baku sampai produk jadi. Dan hal ini yang sangat mempengaruhi pemasukan kota pada akhirnya. Jika pemain dapat mengurusi 'supply chain' dengan baik, maka pendapatan kotanya bisa sangat tinggi.

Jika terdapat DLC Sunset Harbour, maka terbuka opsi untuk membangun industri perikanan, pada industri ini juga pemain diwajibkan mengurusi 'Supply chain', tetapi tidak serumit pada DLC Industri.

[!] Perlu diperhatikan SDA yang tidak berkelanjutan seperti Pertambangan, terkadang menjadi titik lemah game Cities Skylines. Saya sarankan untuk mengaktifkan mod Unlimited resources, karena cepat sekali habisnya untuk minyak bumi dan batu baranya walaupun sudah di bangun pada area yang memiliki banyak SDA terkait. Karena jika SDA tersebut habis, pemain diwajibkan untuk menghilangkan spesialisasi industri untuk menambang SDA tersebut pada lokasi yang sudah dibangun, atau harus melakukan import bahan baku jika memiliki DLC Industry.

6. Koneksi Dengan Kota Lain atau Wilayah Lain di Cities Skylines

Walaupun Cities Skylines merupakan game offline dan tidak ada kota lain atau kota tetangga saat kita membangun kota, namun pada saat kita membangun kota, game ini seolah-olah membuat terdapat kota tetangga. Bagaimana cara tahunya? jika kita meng'klik kendaraan yang melintas di jalan tol nya dapat dilihat bahwa mereka berasal dari kota lain. Hal ini berlaku juga untuk kapal, pesawat dan kereta api.

Ikon/Logo yang pertama merupakan koneksi jalan tol, ini merupakan koneksi darat dimana warga dan wisatawan dapat pergi atau datang ke kota anda menggunakan mobil. Kedua merupakan koneksi kereta, ketiga merupakan jalur laut/ air seperti sungai. Keempat merupakan koneksi jalur udara atau pesawat. 

Apa pentingnya? Pada saat awal game, hal ini tentulah sangat tidak penting, tetapi kota yang dibangun nantinya butuh melakukan ekspor import untuk industrinya, dan taman",atau bangunan monumen kota membutuhkan wisatawan dari kota lain. Nah, disinilah hal ini menjadi penting. Karena hal ini dapat mempengaruhi jumlah wisatawan,  serta kecepatan ekspor impor industri kota nantinya.

[!] Dan perlu diingat, hal ini tidak bisa diubah oleh pemain. Sehingga jika tidak terdapat koneksi kereta api atau kapal, tidak dapat ditambahkan oleh pemain koneksi tersebut nantinya. Namun pemain masih dapat membangun fasilitas terkait untuk penggunaan dalam kota saja.

7. Area yang Dapat Dibangun

Angka persenan pada bagian ini, memberi tau pemain besaran atau luas area yang bisa dibilang enak/nyaman untuk dibangun. Hal ini dilihat dari rumitnya medan lahan. Contohnya, pemain tidak bisa menaruh bangunan pada area pegunungan yang curam, atau bergantung pada luasnya laut karena pemain juga tidak bisa membangun apapun di laut.

Tentu hal ini dapat diatasi dengan melakukan 'teraforming' atau rekayasa medan yang dapat dilkakukan di dalam game nantinya, tapi hal ini tentunya sangat mahal dan memakan waktu yang lumayan tergantung pada medan.

Pikirkan jenis kota yang ingin di bangun dan pilih peta yang sesuai dengan itu. Misalnya, jika ingin membangun kota yang padat dan penuh dengan gedung-gedung pencakar langit, Pilihlah peta yang memiliki persenan yang tinggi pada bagian ini.

8. Tema peta dalam permainan Cities: Skylines 

Bagian ini merujuk pada estetika dan tata letak peta yang akan di bangun kota. Permainan menawarkan beberapa tema peta yang berbeda untuk dipilih, masing-masing dengan karakteristik yang unik

Tema yang umum adalah 'Temperate', temperate ini merupakan iklim yang lebih hangat dari boreal dan suasana bawaan game. Berikutnya adalah 'Boreal', Iklim yang disajikan lebih dingin dan sering terjadi kabut, pohon" pada tema ini umumnya pohon pinus, namun menurut saya pribadi ini merupakan suasana terbaik karena warna yang dihasilkan terasa lebih bagus. Lalu ada juga tema 'Tropical', pada tema ini warna lebih kearah kuning karena untuk menghasilkan efek panas. Pohon" yang umum pada tema ini  biasanya pohon kelapa atau palm. 'Europian' akan membuat bangunan di kota anda bertema bangunan tua Eropa. Dan jika memiliki DLC Winter akan terdapat peta dengan salju.

[!] Hal yang harus diperhatikan saat memilih peta pada baigian ini sebenarnya adalah tempraturnya. Semakin dingin temanya, maka penduduk kota nantinya akan membutuhkan pemanas. Jika pemain tidak membuat pemanas pusat, maka akan tinggi konsumsi listrik kotanya.

Langkah & Tips Umum Dalam Memulai Kota Cities Skylines / General Game-play Tips when Starting New City in Cities Skylines

1. Langkah & Tips Pertama : 'Pause' Game Selama Mendesain Tata Letak Kota Pertama di Cities Skylines

Tampilan Pertama Game Cities Skylines / First Look at Cities Skylines In-game map

Saat pertama kali memasuki kota yang masih dengan lahan kosong pause waktunya terlebih dahulu dengan menekan spasi pada keyboard dan pikirkan layout kotanya secara sederhana karena modal yang diberikan sangatlah terbatas. Sejak tahun 2020, hal ini sudah otomatis, sehingga game akan mengpause simulasinya. Layout kota bisa diubah di kemudian hari. Dan lebih tertata, karena banyak pencapaian yang telah terbuka jika dilakukan nanti.

Mengapa 'pause' sangat penting ketika anda membuat layout? Karena jika simulasi berjalan anda akan dikenakan biaya service/ pemeliharaan untuk jalan yang baru dibuat dan mengakibatkan terjadinya tambahan biaya pengeluaran saat sedang mendesainnya.

2. Langkah & Tips Kedua: Membuka Jenis Jalan Lain di Cites Skylines Pada Awal Game

Membuka Tipe Jalan Lain di Cities Skylines / Unlock new road in Cities Skylines

Buatlah jalan yang panjangnya 1 satuan hanya untuk membuka pilihan jalan lain yang terkunci. Hal ini dilakukan agar anda memiliki banyak opsi dalam memilih jenis jalan. Serta memberikan akses untuk membuat bunderan sederhana dari jalan satu arah.

3. Langkah & Tips Ketiga: Jangan Membuat Perempatan di Pintu Masuk Kota


Tidak Membuat Perempatan / Don't Add Intersection

Jangan langsung membuat perempatan jalan yang tersambung dengan jalan tol, buatlah jalan satu arah pada masing-masing arah yang agak panjang. Hal ini menghindari terjadinya penumpukan kendaraan yang akan masuk ke kota.

Jika anda ingin mendesain dari awal dengan baik dan ingin mengetahui kenapa harus seperti ini, sebaiknya anda melihat post tentang Hierarki Jalan Pada Cities Skylines untuk mengetahui hal-hal teknis tentang jenis jalan yang tepat untuk kota anda, tahan/ siap menghadapi perilaku bot pada game dan dapat membantu mengurangi kemacetan pada saat kota anda sudah besar.

4. Langkah & Tips Keempat : Mengatur Tata Letak Pertama di Cities Skylines

Mendesain Layout Pertama Cities Skylines / Designing first Cities Skylines Layout

Setelah membuat jalan perpanjangan / terusan dari akses tol, buatlah bundaran yang terbilang cukup besar, agar dapat mengakomodasi kendaraan yang datang hingga pencapaian pertama. Dan jika bundaran bulat dianggap memakan lahan yang banyak, dapat membuat bundaran oval seperti di gambar.

Selalu usahakan untuk dapat zoning (Kotak" yang berada dipinggir jalan) yang banyak. Mengapa? Karena keterbasan modal. Jika ingin membuat jalan, diperlukan biaya, sedangkan untuk zoning tidak, namun harus berada dipinggir jalan. Hal ini akan sangat membantu anda ketika nanti modal sudah habis namun membutuhkan penduduk sebagai pajak pemasukan. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk jalan kedepannya untuk menambah zona atau penduduk.

Layout Kotak" mungkin terlihat sangat membosankan, Tetapi pada awal game, sebaiknya menggunakan layout ini. Layout ini sering dikenal dengan istilah battery layout. Layout ini memiliki keunggulan dimana dapat menggunakan 100% lahan sebagai area pembangunan. Dengan begitu nantinya kota akan dapat memaksimalkan pendapatan dari pajak penduduk. Namun perlu diingat, layout ini sangat buruk jika kota sudah padat, dapat menimbulkan kemacetan yang terkunci.

Saat membuat dan mendesain perhatikan dan perhitungkan modal awal yang dikasih. Sisakan paling minimum di 40000, karena setelahnya wajib membuat layanan air dan listrik. Penggunaan jalan tanah juga membantu untuk mengurangi pengeluaran dalam membuat jalan.

Contoh layout sederhana/ Fourth tips: An Example of simple layout

Selanjutnya, kita wajib memberikan 'zoning' / zona. Usahakan area industri jauh dari perumahan dan dekat dengan jalan tol untuk memudahkan akses keluar masuk truk agar tidak menyebabkan kemacetan dalam kota. Selain itu juga karena area industri mengeluarkan polusi tanah dan suara yang menggangu area pemukiman.

Untuk area Pertokoan, letakkan antara perumahan dan pabrik. Mengapa? Karena area pertokoan membutuhkan barang dari pabrik dan pembeli dari perumahan. Namun harus diperhatikan area pertokoan selalu mengeluarkan polusi suara dan sering terjadi kemacetan.

Jika anda masih bingung dalam membuat layout karena kurang mengetahui fungsi dan penggunaan alat-alat dalam pembuatan jalan tersebut maka pelajari lebih lanjut mengenai Cara Pembuatan Layout Pertama di Cities Skylines.

5. Langkah & Tips Kelima : Membuat Layanan Air di Cities Skylines


Jaringan Pipa Air yang Baik/ Good Water Pipe Connection

Saat membuat layanan air, perhatikanlah sambungan pipanya. Membuat sambungan pipa di cities skylines sama seperti membuat jaringan jalan. Namun yang harus diperhatikan warna birunya. Warna biru disana berarti kebagian / dapat air. sedangkan putih tidak. Selain itu pastikan pipa menyambung satu dengan yang lainnya.

Mengambil air/ Taking water supplies.

Perhatikan arus sungai untuk meletakkan pompa air dan pembuangan limbah. Pastikan pompa letaknya agak jauh dari tempat pembuangan serta pompa harus dpastikan mendapatkan air yang bersih. Jangan sampai pompa mengambil air dari pembuangan limbah. 

Pembuangan limbah air / Water Treatment Plant

Sejak update DLC Sunset harbour dapat memilih pembuangan limbah ke tanah. Menurut saya pribadi ini adalah hal yang baik karena jika menggunakan pembuangan limbah konvensional kesungai akan menimbulkan pencemaran air berubah warna dan juga tetap pencemaran tanah.

6. Langkah & Tips Keenam : Membuat Jaringan Listrik di Cities Skylines

Jaringan Listrik/ Electricity

Dan untuk jaringan listrik pada saat baru mulai permainan, pilihlah generator listrik  generator dengan berbahan bakar minyak. Perhatikan peta angin jika anda membeli yang bertenaga angin. Warna gelap pada peta angin mengindikasikan area tersebut adalah tempat yang optimal untuk meletakan generator tenaga angin. Namun tenaga yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga angin sangatlah kecil dan anda harus siap uang selalu untuk membeli tenaga angin yang kedua beberapa saat setelah simulasi dimulai. Sehingga generator dengan bahan bakar minyak lebih tahan lama, menguntungkan dan mampu memberikan tenaga listrik 2 sampai 3 pencapaian kedepan di dalam game.

7. Langkah & Tips Ketujuh : Simulasikan Kota

Jika terdapat sisa uang pastikan / bangunlah pipa air untuk memenuhi atau mengkover seluruh grid /kisi zona yang terdapat pada layout. Dan jika semua terpenuhi, maka dapat melakukan langakh selanjutnya, yaitu memulai simulasi.

Mulai Simulasi / Start Simulation

Jangan lupa memulai simulasi kota anda dengan menakan space pada keyboard anda atau menekan tombol play pada tampilan user di bawah pojok kiri untuk melihat proses pembangunan rumah/bangunan di kota Cities Skylines anda. Dan selalu perhatikan permintaan di kota anda (Bar hijau = permintaan perumahaan; Bar biru= permintaan pertokoan; Bar oranye= permintaan area industri). 

Bar Permintaan / Demand Bar

Hal yang Membingungkan bagi Pemula

1. Cara Mengganti Arah Jalan di Cities Skylines

Jika anda salah dalam menentukan arah untuk satu arah jalan dalam membuatnya, maka jangan khawatir. Dalam menu 'Jalan/ Roads' terdapat tombol bulat yang bernama 'Perbaharui jalan/ Upgrade Road'. Klik tombol tersebut dan pilih jalan yang akan diubah arahnya. Setelah itu, (Harus dengan jenis jalan satu arah yang sama) Klik kanan pada mouse untuk mengganti arahnya (bukan klik kiri : Klik kiri digunakan untuk mengganti tipe jalannya).

Gambar detail untuk mengubah arah pada satu arah jalan/ Detailed picture about changing one-way road direction

Jika anda ingin mengubah jalur jalan dua arah (contohnya dari setir kanan menjadi setir kiri), hal tersebut harus dilakukan pada opsi saat memilih wilayah/map pada saat memulai game baru. (Silahkan lihat di bagian 'Memilih Lahan/Map Terbaik di Cities Skylines: Choosing The Best Map in Cities Skylines.' (Poin nomor 4) pada artikel blog ini).

2. Membuat Sambungan Pipa Air

Dalam membuat pipa air terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya area yang dapat dijangkau pipa dan sambungan pipa itu sendiri.
Jika ingin terlihat realistis maka buatlah sambungan pipa sesuai denga layout/ desain jalan di Kota anda dengan menenmpatkannya persis dibawah jalan.

Contoh sambungan pipa di Cities Skylines/ Water pipes connection in Cities Skylines

3. Cara Memberhentikan Siklus Siang dan Malam di Cities Skylines/ How to Stop Day/Night Cycle in Cities Skylines

Jika anda menggunakan DLC After Dark maka anda akan diberikan opsi siklus malam dan siang. Namun pada saat anda mendesain kota, terkadang malam menjadi hambatan karena terlalu gelap.

1. Klik ikon pengaturan di pojok kanan atas dan pilih 'Options'

Menu "Pause"/ "Pause" Menu.


2. Setelah itu anda memlilh "Gameplay" di bar kiri. Setelah itu cari kolom "In-game settings", dan pilih "Use day/ night cycle". Untuk  lebih detilnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Panduan menonaktifkan siklus pergantian malam dan siang/ Day and night cycle guidelines.

Semoga Berhasil, dan Selamat Bermain

Sekian tips dan cara yang wajib diketahui jika baru bermain cities skylines, atau pun ingin membangun kota dengan perencanaan yang baik. Semoga berhasil dan membantu saat penerapan dalam game. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin dibagikan.

Dan silahkan bagikan artikel ini jika merasa terbantu atau menemukan berguna bagi orang lain. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Baru saja membuat Channel YOUTUBE, Tonton Video Timelapse Pertama tentang Layout Pertama
Videos (Timelapse): https://youtu.be/jTm8w8g71fA
Videos (Bahasa): https://youtu.be/p2yRV09IY2w

Komentar

  1. Balasan
    1. Great 😀, thank you for your feedback. Feel free to share this post to inform others 😁.

      Hapus
  2. Makasih kak udah kasih tipsnya
    Tips nya berguna banget bagi yang masih pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama", makasih juga atas komentarnya, jangan lupa share ya

      Hapus
  3. Tapi kok kendaraan nggak ada yg nongol sih di gameplay ku? Sepi sepi aja 😟

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba di cek dahulu apakah simulasi dimulai (indikator warna Hijau) atau di berhentikan sementara(indikator warna Merah), silahkan lihat di pojok kiri bawah. Pastikan berada warna hijau.
      2. Pastikan terkoneksi dengan jalan tol yang tersedia pada peta gamenya.
      3. Jika menghubungkan jalan tol dengan jalan satu arah pastikan arahnya benar dan tidak terdapat indikasi tanda jalan buntu (contoh indikator terdapat pada Tips Hal Teknis Dalam Bermain/ Technical Game-play Tips poin ke satu). Semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Sama jangan lupa membuat area perumahan, komersil dan industri ya (Area hijau, biru, kuning)

      Hapus
  4. Cara menempelkan benda ke jalan agar tidak warna merah jalannya gimna yaa key mappingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk nempelin benda (bangunan) ke jalan, terutama jalan lengkung itu membutukan mod. karena kalau jalan berubah menjadi warna merah artinya terjadi overlapping(menimpa) antar objek.

      Hapus
  5. Cara agar tanah nya rata bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat untuk meratakan tanah bisa diakses pada bagian toolbar yang ada gambar cangkul/sekopnya. Terus pilih yang panahnya ada dua mengarah ke kanan sama kekiri pokoknya arah horizontal. lalu klik kanan sebagai tumpuan (tinggi tanah yang mau diratakan), langkah terakhir klik kiri untuk mengeksekusi perataan tanah.

      Hapus
  6. Bang baimana cara hapus build yg udah k bangun , mau itu jlan atau pun pemukiman , semua tombol saya klik gk ada yg bisa k hapus 😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan tombol B pada keyboard

      Hapus
    2. Kenapa bangunan yg sudah di hapus masih muncul lg ya..

      Hapus
    3. Sory telat mau tanya bagaimana caranya klo icon gambar pekerja muncul harus di apain

      Hapus
    4. Halo maaf baru respon. Bangunan yang dihapus bentuknya apa dulu? kalo bangunan beli jadi seperti services, taman atau sekolah, tekan 'B' atau klik opsi buldoze pada bangunan yang mau dihilangkan, lalu ada pop up konfirmasi tekan saja yes atau confirm. Jika yang dihapus area perumahan atau komersil atau industrial yang ada warna"nya, setelah dihapus bangunannya, kamu harus melakukan 'Dezone' atau area berwarna hijau biru atau kuningnya dihilangkan. Opsi tersebut biasanya terdapat pada jendela Zoning. Semoga membantu

      Hapus
    5. Icon pekerja terdapat 2 jenis:
      1. kurangnya pekerja (Icon pekerja berwarna)
      2 kurangnya pendidikan si pekerja (icon berwarna biru)

      kalau untuk menghilangkan jenis 1 , diharapkan kamu membangun lebih banyak rumah/ apartemen area zona hijau, atau menghilangkan sebagian area industri dan komersil (kuning dan biru)
      Dan juga cek kembali transportasi dari area perumahan ke area industri atau komersialnya apakah macet banget atau tersendat atau bahkan ga ada, harap bangun koneksi yang bagus untuk si pekerja ke tempat bekerjanya

      kalau untuk opsi kedua silahkan bangun sekolah, dan diperhatikan juga kebutuhannya untuk setiap tingkat (SD/SMA/Kuliah), jadi bangun fasilitass sekolah juga harus merata harus ada sd (elementary) , SMP/SMA(Highschool), sama universitas

      Semoga membantu

      Hapus
  7. Game ini offline atau online ya ?

    BalasHapus
  8. cara buat jalan underground gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan 'page down' di keyboard klo blm pernah di otak-atik kontrolnya. Namun klo dirt/ jalan tanah ga bisa dibikin tunnel/ underground/ underpass ya

      Hapus
  9. gan jelasain dong yg kek currency pada listrik dan air gitu yang kalo diturunin apa ngartuhnya dan kalo dinaikin a[pa ngaruhnya dan tax dan loan jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di currency itu intinya kalo kita kurangin budgetnya maka akan berkurang juga tuh si produksinya. Contohnya kalau listrik, satu power plant menhasilkan 20 mega watt nah klo budgetnya dikurangin ya nanti produksinya tinggal 15 watt misal. Tapi untuk nguranginnya jangan asal harus liat kebutuhan kota, kalau ternyata kebutuhan kota 18 mega watt ya berarti kamu hanaya boleh mengurangi budgetnya sedikit dan pastikan si outpunya jadi 18 MW. nanti kubuat juga blognya mengenai yang in. Klo tax max di 12 % aja kalo mau simplenya, untuk ribetnya nanti kubikin juga blognya

      Hapus
    2. ohhh gituu. okey ditunggu inpo selanjutnya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi Hierarki Jalan Pada Cities Skylines/ Road Hierarchy Implementations in Cities Skylines

Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Layout Awal di Cities Skylines/ First Thing You Need To Know Before Make The First Layout in Cities Skylines