Implementasi Hierarki Jalan Pada Cities Skylines/ Road Hierarchy Implementations in Cities Skylines

Tips dan Trik Bermain Cities Skylines : Pengelompokan Jalan/Hierarki Jalan

[EN] Cities Skylines Tips and Trick for Road Hierarchy.

Artikel ini tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
[EN] This Article available in Indonesian Language and English Language

Pengelompokan Jalan/ Hierarki jalan sebenarnya adalah suatu teori penting dalam mendesain sebuah kota, dan bahkan seperti di Indonesia terdapat UU yang mengatur hal tersebut. Intinya adalah bahwa terdapat beberapa aturan jika anda akan memilih jenis jalan yang akan digunakan sesuai dengan wilayah dan fungsinya ataupun kapasitasnya.
[EN] Road Hierarchy is actually an important theory when designing a city, and even like in Indonesia there is a law about this topic. The point is that there are some rules if you want to choose a type of road and it depends on its area, function, and it's capacity.




Berikut adalah jenis pengelompkannya : 
[EN] Below are the Hierarchy:
  1. Jalan Arteri : Jalan yang melayani angkutan jarak jauh dengan kecepatan rata-rata tinggi dan jumlah masuk (acces road) dibatasi secara efisien. 
    • [EN] Artery Road: Roads that serve long-distance transportation at high average speeds, limited access road.
  2. Jalan Kolektor : Jalan yang melayani angkutan jarak sedang dengan kecepatan rata-rata sedang dan jumlah jalan masuk masih dibatasi. 
    • [EN] Collector Road: Roads that serve medium distance transportation at medium average speeds, but still access roads are limited.
  3. Jalan Lokal : jalan yang melayani angkutan jarak dekat (angkutan setempat) dengan kecepatan rata-rata rendah dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi. 
    • [EN] Local Road: Roads that serve short distance transportation at low average speeds, access roads are not restricted.

Bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam sebuah game Cities Skylines?

[EN] How can it be implemented in Cities Skylines?

Dalam game, terdapat 4 Jenis jalan beserta jenis pengelompokannya: 
[EN] There are four types of roads in Cities Skylines, and it's hierarchy:
  1. Jalan 2 Jalur (lokal). [EN] 2 Lane Road (Local).
  2. Jalan 4 Jalur (kolektor/ arteri sekunder) [EN] 4 Lane Road (Collector).
  3. Jalan 6 Jalur (arteri sekunder/ arteri primer) [EN] 6 Lane Road (Artery).
  4. dan Jalan tol (arteri primer) [EN] Highway (Intercity Connection/ Primary Artery).
Dari banyaknya jenis jalan ini, terkadang pemain hanya menggunakannya secara asal atau hanya demi penampilan sebuah kota, yang berujung malah membuat kemacetan karena hanya 1 jalur yang digunakan oleh bot.
Saat anda akan membuat jalan sebenarnya cities skylines telah memberi rekomendasi dalam menggunakannya pada panel informasi, yang sebenarnya memberikan ide tentang pengelompokan jalan ini.
[EN] From many types of roads, sometimes player only using it without any idea or because it's only looking good, that end up even bring more traffic problems into the city, such as, in the end only one lane that ends up being used by the bot/ AI. Well actually, when you're making a layout and want to start building some roads, Cities Skylines give you tip on how to use them in the information panel.

Maka untuk menghindari salah dalam memilih jenis jalan, atau menghindari perilaku bot pada game yang tidak sesuai ekspektasi. Mari kita lihat gambar di bawah ini untuk mengerti dasar dari hierarki jalan:
[EN] To avoid make a mistake in choosing, Let's take a look at the picture below:



Sesuai dengan definisi yang telah disebutkan diatas, masing" memiliki aturan dan pengunaannya.
[EN] According to the definitions above. Each has its own rules and usability.

Dalam penggunaanya, inilah poin-poin penting yang harus diingat dan diperhatikan:
[EN] These are some important things that you have to keep in mind:
  • Jumlah Percabangan: Berikut adalah rekomendasi saya dalam membuat percabangan dalam Cities Skylines.
  • [EN] Amount of Intersections: Below is my recommendations.
    1. Jalan 2 Jalur : Maks 1 - 2 percabangan per 10 Unit.[EN] 2 lane roads: Max. 1 - 2 intersections in 10 unit long road.
    2. Jalan 4 Jalur : Maks 1 percabangan per 10 Unit. [EN] 4 lane roads: Max. 1 intersection in 10 unit long road.
    3. Jalan 6 Jalur : Maks 1 percabangan per 20 Unit. [EN] 6 lane roads: Max. 1 intersection in 20 unit long road.
    4. Jalan tol : Maks 1 Pintu keluar per 50 Unit (Gangguan minimum) [EN] Highways: Max. 1 entrance in 50 unit long road (minimum disruption).
  • Lampu Lalu Lintas: Dalam Percabangan hanya koneksi arteri-arteri, arteri-kolektor, kolektor-kolektor yang menggunakan lampu merah.
  • [EN] Traffic Light: Only for Artery-Artery, Artery-Collector, and Collector-Collector. 
    • Cara mematikan/ menyalakan lampu lalu lintas
    • [EN] How to toggle traffic lights



  • Jenis Zonasi : Berikut adalah rekomendasi saya dalam memilih zonasi daerah sesuai dengan jenis jalan dalam Cities Skylines.
  • [EN] Zoning Types: Below is my recommendations.
    1. Jalan 2 Jalur : Zona Hijau/ Zona Biru (Perumahan/ Pertokoan)  sederhana (Bukan pusat pertokoan). [EN] 2 lane roads:Low density residential/ Low density commercial
    2. Jalan 4 Jalur : Zona Hijau/ Zona Biru/ Zona Oranye(Apartemen/Pusat Pertokoan /Industri)/ Fasilitas Publik.[EN] 4 lane roads: Apartments/ High density commercial/ Industry/ Public Services
    3. Jalan 6 Jalur :Minimum pemberian lahan untuk bangunan. [EN] 6 lane roads: Minimum zoning.
  • Area yang dihubungkan : Berikut adalah rekomendasi saya dalam memilih jalan untuk koneksi antar daerah dalam Cities Skylines.
  • [EN] Connections: Below is my recommendations.
    1. Jalan 2 Jalur : Perumahan dengan perumahan.  [EN] 2 lane roads:Low density residential with Low density residential/ Low density commercial
    2. Jalan 4 Jalur : Perumahan dengan pertokoan/ pertokoan dengan industri/ perumahan  dengan industri/ akses jalan tol. [EN] 4 lane roads: Residential with commercials/ industry/ highway access.
    3. Jalan 6 Jalur : Perumahan dengan pertokoan/ pertokoan dengan industri/ perumahan  dengan industri/ akses jalan tol. [EN] 6 lane roads: High density Residential/ Commercials/ Industry/ highway access.
  • Panduan Penggunaan Pengelompokan Jalan: Jalan Lokal dilarang menyambung dengan arteri. Lokal hanya bisa berinteraksi dengan jalan kolektor, dan seterusnya.
  • [EN] Road Hierarchy Guidelines: Local can't connect to the artery. it has to be one level below and above, so, local can only have connections with collectors and so on.

Analisa Contoh Peta Kota
[EN] An Example of Layout Analysis

Mari kita lihat gambar sebagai berikut untuk melihat contoh kasus
[EN]Let's take a look at pictures below for implementation looks



Sekarang mari tandai percabangan dan jalannya sesuai kelompoknya
[EN]Now let's analyze it by marking its roads and intersections depends on each type




Diatas terdapat beberapa masalah seperti persimpangan yang telalu dekat pada tipe jalan arteri, dan terdapat jalan yang memiliki potensial besar untuk menjadi jalan arteri. Mengapa bisa memiliki potensi, karena jalan tersebut merupkan salah satu penghubung area pertokoan diatas dengan area pertokoan dibawah ditambah dengan hanya terdapat 2 pilihan akan rute tersebut. Apalagi jika di area bawah kita bangun area perumahan maka jalan tersebut akan menjadi penghubung terdekat antara area perumahan dengan area pertokoan yang diatas. Selain itu juga area untuk sampah masih jadi satu dengan industri dan jika terjadi kepadatan di area industri akan membuat masalah sampah yang baru, karena untuk layanan ini akan mengeluarkan kendaraan yang membantu memadati jalan. Untuk itu mari kita lakukan perbaikan pada layout diatas.
[EN] There are some problems in the layout above, such as, there is an intersection which is getting too close to each other and there are roads which are potentially become artery road. The road is one of the connections between 2 commercials area from 2 connections that are available, so that, this road has a big potential to become a busy road, furthermore, if we add residential layout on the bottom of the map, it will become the closest connection between the bottom residential area with the first commercial area. In this layout the trash collection system still becomes one with the industrial layout and actually it is good, but, this is not good when our industry area becomes busier, so that, we have to relocate them, since, the service will spawn vehicles. Let's take a look at how can it be fixed.


Perilaku Bot/ AI dalam Menggunakan Jalan di Cities Skylines

[EN] Cities Skylines AI Traffic Behavior

Seringkali hal ini menjadi penyabab para pemain frustasi karena dapat menyebabkan kemacetan akibat hal bodoh yang dilakukan oleh bot atau ai dari game. Misalnya, hanya menggunakan 1 lajur, padahal jalur yang tersedia mencapai 6 lajur. Atau tidak dapat melalui percabangan karena jalan berikutnya macet atau penuh, padahal terdapat lajur kosong yang dapat digunakan.
[EN] This has become an issue in Cities Skylines for a quite long time, and, a lot of times this issue makes players frustrated. For Example, like I have mentioned previously that sometimes AI only uses one lane in 6 lane roads.

Bagi pengguna mod hal ini mudah diatasi, tentunya dengan mod.  Banyak sekali mod yang dibuat hanya untuk mengeliminasi perilaku ini, hal ini juga berarti banyak pemain yang geram atas hal ini.
[EN] For mod users it is very easy to tackle this problem, by using the mod. Many mods were created to tackle this problem.

Bagaimana mengatasinya tanpa mod?
[EN] How to deal with it without mods?

Sebelum kita mencari solusinya, mari kita memahami cara bot/ AI ini berprilaku
[EN] Before we find the solutions, let's understands how traffic AI behaves.
  1. Bot tidak akan melewati percabangan jika lajur berikutnya penuh.[EN] it will not cross intersection if the next lane in the other side is full.
  2. Bot akan mengikuti arah yang terdapat pada jalan. [EN] it will always follows the directions that mark on the road in intersections.
  3. Bot akan selalu mencari jalan terpendek ke tujuan meski jalan yang dipilih macet sekalipun. [EN] it will always go to the shortes routes although it has traffic jam.
Untuk mengatasi permasalahan yang pertama ialah gunakan hierarki jalan, dan jangan membuat lampu merah pada jalan lokal atau pada jalan lokal yang tersambung dengan kolektor.
[EN] The first thing you need is by implementing a road hierarchy, and don't make traffic light on local roads or local roads that connect to the collector roads.
Permasalahan yang kedua ini yang menyebabkan hanya akan memilih 1 lajur saja padahal banyak lajur yang tersedia kosong, jadi perhatikanlah hal ini dan pastikan pembagian zona imbang sehingga akan selalu ada pengguna jalan yang menggunakan lajurnya.
[EN] the second behavior sometimes makes the one-lane problems you can eliminate this by having the right amount of lane options in intersections. Make the balance zoning spread so there are using lane correctly. don't make the roads only have one option of directions like always going left or always going right.
Untuk permasalahan yang ketiga solusinya hampir sama dengan yang kedua yaitu pembagian zona harus imbang dan usahakan hitung panjang jalur dari dan ke suatu tempat jika terdapat perbedaan yang signifikan maka jalur terpendek akan kewalahan dan melebihi kapasitas sehingga terjadi kemacetan. Jika anda memahami Teori Graf (Weighted Graph) maka anda bisa membuatnya lebih efisien.
[EN] Weighted Graph theory will help you in the third behavior in my point of view, so you can design the layout effectively and you also will have a prediction of which roads will become the artery. If you don't have any idea about that you can avoid it by balancing your zoning.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips dan Trik Pemula Bermain Cities Skylines Dengan Mudah / Cities Skylines Beginner Tips and Trick

Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Layout Awal di Cities Skylines/ First Thing You Need To Know Before Make The First Layout in Cities Skylines