Rahasia Menghindari Kemacetan di Cities: Skylines: Panduan Hierarki Jalan untuk Desain Kota yang Lebih Efisien

Tips dan Trik Bermain Cities Skylines : Pengelompokan Jalan/Hierarki Jalan

Pengelompokan Jalan/ Hierarki jalan sebenarnya adalah suatu teori penting dalam mendesain sebuah kota, dan bahkan seperti di Indonesia terdapat UU yang mengatur hal tersebut. Intinya adalah bahwa terdapat beberapa aturan jika anda akan memilih jenis jalan yang akan digunakan sesuai dengan wilayah dan fungsinya ataupun kapasitasnya.




Berikut adalah jenis pengelompkannya : 
  1. Jalan Arteri : Jalan yang melayani angkutan jarak jauh dengan kecepatan rata-rata tinggi dan jumlah masuk (acces road) dibatasi secara efisien. 
  2. Jalan Kolektor : Jalan yang melayani angkutan jarak sedang dengan kecepatan rata-rata sedang dan jumlah jalan masuk masih dibatasi. 
  3. Jalan Lokal : jalan yang melayani angkutan jarak dekat (angkutan setempat) dengan kecepatan rata-rata rendah dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi. 

Bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam sebuah game Cities Skylines?

Dalam game, terdapat 4 Jenis jalan beserta jenis pengelompokannya: 
  1. Jalan 2 Jalur (lokal).
  2. Jalan 4 Jalur (kolektor/ arteri sekunder)
  3. Jalan 6 Jalur (arteri sekunder/ arteri primer)
  4. dan Jalan tol (arteri primer)
Dari banyaknya jenis jalan ini, terkadang pemain hanya menggunakannya secara asal atau hanya demi penampilan sebuah kota, yang berujung malah membuat kemacetan karena hanya 1 jalur yang digunakan oleh bot.

Saat anda akan membuat jalan sebenarnya cities skylines telah memberi rekomendasi dalam menggunakannya pada panel informasi, yang sebenarnya memberikan ide tentang pengelompokan jalan ini.

Maka untuk menghindari salah dalam memilih jenis jalan, atau menghindari perilaku bot pada game yang tidak sesuai ekspektasi. Mari kita lihat gambar di bawah ini untuk mengerti dasar dari hierarki jalan:



Sesuai dengan definisi yang telah disebutkan diatas, masing" memiliki aturan dan pengunaannya.

Dalam penggunaanya, inilah poin-poin penting yang harus diingat dan diperhatikan:
  • Jumlah Percabangan: Berikut adalah rekomendasi saya dalam membuat percabangan dalam Cities Skylines.
    1. Jalan 2 Jalur : Maks 1 - 2 percabangan per 10 Unit.
    2. Jalan 4 Jalur : Maks 1 percabangan per 10 Unit.
    3. Jalan 6 Jalur : Maks 1 percabangan per 20 Unit. 
    4. Jalan tol : Maks 1 Pintu keluar per 50 Unit (Gangguan minimum) 
  • Lampu Lalu Lintas: Dalam Percabangan hanya koneksi arteri-arteri, arteri-kolektor, kolektor-kolektor yang menggunakan lampu merah.
    • Cara mematikan/ menyalakan lampu lalu lintas



  • Jenis Zonasi : Berikut adalah rekomendasi saya dalam memilih zonasi daerah sesuai dengan jenis jalan dalam Cities Skylines.
    1. Jalan 2 Jalur : Zona Hijau/ Zona Biru (Perumahan/ Pertokoan)  sederhana (Bukan pusat pertokoan).
    2. Jalan 4 Jalur : Zona Hijau/ Zona Biru/ Zona Oranye(Apartemen/Pusat Pertokoan /Industri)/ Fasilitas Publik.
    3. Jalan 6 Jalur :Minimum pemberian lahan untuk bangunan.
  • Area yang dihubungkan : Berikut adalah rekomendasi saya dalam memilih jalan untuk koneksi antar daerah dalam Cities Skylines.
    1. Jalan 2 Jalur : Perumahan dengan perumahan.
    2. Jalan 4 Jalur : Perumahan dengan pertokoan/ pertokoan dengan industri/ perumahan  dengan industri/ akses jalan tol.
    3. Jalan 6 Jalur : Perumahan dengan pertokoan/ pertokoan dengan industri/ perumahan  dengan industri/ akses jalan tol. 
  • Panduan Penggunaan Pengelompokan Jalan: Jalan Lokal dilarang menyambung dengan arteri. Lokal hanya bisa berinteraksi dengan jalan kolektor, dan seterusnya.

Analisa Contoh Peta Kota

Mari kita lihat gambar sebagai berikut untuk melihat contoh kasus



Sekarang mari tandai percabangan dan jalannya sesuai kelompoknya




Diatas terdapat beberapa masalah seperti persimpangan yang telalu dekat pada tipe jalan arteri, dan terdapat jalan yang memiliki potensial besar untuk menjadi jalan arteri. Mengapa bisa memiliki potensi, karena jalan tersebut merupkan salah satu penghubung area pertokoan diatas dengan area pertokoan dibawah ditambah dengan hanya terdapat 2 pilihan akan rute tersebut. Apalagi jika di area bawah kita bangun area perumahan maka jalan tersebut akan menjadi penghubung terdekat antara area perumahan dengan area pertokoan yang diatas. Selain itu juga area untuk sampah masih jadi satu dengan industri dan jika terjadi kepadatan di area industri akan membuat masalah sampah yang baru, karena untuk layanan ini akan mengeluarkan kendaraan yang membantu memadati jalan. Untuk itu mari kita lakukan perbaikan pada layout diatas.


Perilaku Bot/ AI dalam Menggunakan Jalan di Cities Skylines

Seringkali hal ini menjadi penyabab para pemain frustasi karena dapat menyebabkan kemacetan akibat hal bodoh yang dilakukan oleh bot atau ai dari game. Misalnya, hanya menggunakan 1 lajur, padahal jalur yang tersedia mencapai 6 lajur. Atau tidak dapat melalui percabangan karena jalan berikutnya macet atau penuh, padahal terdapat lajur kosong yang dapat digunakan.

Bagi pengguna mod hal ini mudah diatasi, tentunya dengan mod.  Banyak sekali mod yang dibuat hanya untuk mengeliminasi perilaku ini, hal ini juga berarti banyak pemain yang geram atas hal ini.

Bagaimana mengatasinya tanpa mod?

Sebelum kita mencari solusinya, mari kita memahami cara bot/ AI ini berprilaku
  1. Bot tidak akan melewati percabangan jika lajur berikutnya penuh.
  2. Bot akan mengikuti arah yang terdapat pada jalan. 
  3. Bot akan selalu mencari jalan terpendek ke tujuan meski jalan yang dipilih macet sekalipun. 
Untuk mengatasi permasalahan yang pertama ialah gunakan hierarki jalan, dan jangan membuat lampu merah pada jalan lokal atau pada jalan lokal yang tersambung dengan kolektor.

Permasalahan yang kedua ini yang menyebabkan hanya akan memilih 1 lajur saja padahal banyak lajur yang tersedia kosong, jadi perhatikanlah hal ini dan pastikan pembagian zona imbang sehingga akan selalu ada pengguna jalan yang menggunakan lajurnya.

Untuk permasalahan yang ketiga solusinya hampir sama dengan yang kedua yaitu pembagian zona harus imbang dan usahakan hitung panjang jalur dari dan ke suatu tempat jika terdapat perbedaan yang signifikan maka jalur terpendek akan kewalahan dan melebihi kapasitas sehingga terjadi kemacetan. Jika anda memahami Teori Graf (Weighted Graph) maka anda bisa membuatnya lebih efisien.

Kesimpulan:

Untuk mengatasi kemacetan di Cities: Skylines, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda perhatikan:

Gunakan Hierarki Jalan dengan Bijak:
Pastikan untuk membuat sistem hierarki jalan yang jelas. Hindari menempatkan lampu merah di jalan lokal atau pada jalan lokal yang terhubung langsung dengan jalan kolektor. Ini akan membantu menjaga arus lalu lintas tetap lancar dan mengurangi kemacetan.

Atur Pembagian Lajur dengan Baik:
Perhatikan penggunaan lajur di jalan-jalan Anda. Jika hanya satu lajur yang digunakan padahal lajur lainnya kosong, itu bisa menyebabkan kemacetan. Pastikan zona-zona di sekitar jalan dibagi secara merata agar semua lajur terpakai dengan efisien. Dengan cara ini, Anda akan menghindari penumpukan kendaraan di satu lajur.

Pertimbangkan Panjang Jalur dan Kapasitas:
Ketika merencanakan jalur di kota Anda, hitunglah panjang jalur dari satu titik ke titik lain. Jika ada perbedaan panjang yang signifikan, jalur terpendek mungkin akan menjadi kewalahan dan mengalami kemacetan. Usahakan agar pembagian jalur seimbang dan pertimbangkan teori graf untuk membuat sistem jalan Anda lebih efisien.

Dengan menerapkan tips ini, Anda akan dapat mengurangi kemacetan dan membuat kota Anda lebih lancar dan efisien. Selamat membangun kota impian Anda!














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menguasai Cities: Skylines: Tips dan Trik untuk Pemula

Tips Ampuh Menghindari Kemacetan di Cities: Skylines

Hal Dasar Sebelum Mendesain Layout Kota di Cities: Skylines